Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Eksotis Nan Alami di Bantul Jogja

5 min read

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja dikenal sebagai surganya wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Hal ini terbukti dari banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan, mulai dari wisata religi, museum, kuliner, dan pastinya wisata alam. Membahas tentang wisata alam, salah satu yang wajib dikunjungi untuk mengisi liburan adalah Curug Pulosari dengan pesonanya yang menawan.

Bantul adalah salah satu kabupaten yang banyak menyumbangkan wisata alam di Jogja. Di situlah tempat curug atau air terjun yang kita bahas kali ini. Lokasi tepatnya dibawah tebing curam sehingga diperlukan keberanian dan kondisi tubuh prima selama perjalanan. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurungkan niat wisatawan untuk berkunjung, alasannya karena penasaran dengan pesonanya.

Objek wisata di Bantul ini menawarkan pemandangan alam lengkap yang terkesan eksotis. Tumbuhan yang tumbuh subur hijau, kontur batuan, dan juga aliran air menambah kesan damai bagi siapa saja yang berkunjung. Apalagi lokasinya jauh dari hingar-bingar perkotaan, sudah pasti asri dan masih alami.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Pulosari

Daya Tarik Curug Pulosari
Image Credit: Google Maps Nagata Kusuma

Dinamakan Curug Pulosari karena air terjun ini berada di kawasan Pulosari, Bantul, Jogja. Tidak ada nama lain yang melekat atau sebagai nama alias nya, jadi kecil kemungkinan anda salah menuju lokasi. Alasan kenapa harus mengunjunginya tidak lain dari beberapa daya tarik berikut!

1. Keindahan Curug Pulosari

Indah dan mempesona, mungkin itu yang terlintas di benak anda ketika tiba di lokasi. Tampak jelas aliran air terjun seperti tirai putih yang membentang dan menutup bebatuan yang ada di belakangnya. Tingginya sekitar 5 hingga 7 meter, bisa dikatakan tidak terlalu tinggi untuk ukuran air terjun yang ada di Jogja.

Namun tetap saja dalam hal keindahannya tidak kalah dengan lainnya. Selain aliran air yang membentuk layaknya tirai karena cukup lebar, batuan yang ada di lokasi pun menjadi daya tarik tersendiri. Pohon tumbuh subur di sekitar air terjun dan sedikit di sela-sela batu tebing sebagai jalur mengalirnya air menambah kesan asri dan menyejukkan mata.

2. Kejernihan Kolam

Aliran air Curug Pulosari tidak langsung jatuh ke kolam, namun terlebih dahulu menyentuh bebatuan yang ada di bawahnya. Hal ini membuat suara gemercik air menjadi lebih jelas seperti nyanyian alam. Kolamnya pun jernih dengan warna hijau tosca yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk segera menceburkan diri kedalam nya.

Kejernihan air semakin indah dengan adanya bendungan dari bebatuan yang ada di kolam sebelum akhirnya air mengalir ke tempat tujuan berikutnya. Di samping kolam terdapat bongkahan batu besar yang biasa digunakan sebagai spot utama untuk mengabadikan momen. Batuan tersebut sekaligus menambah nilai ekstotis dari air terjun cantik ini.

3. Suasana Alami dan Asri

Bagi yang mendambakan liburan nyaman dengan pemandangan indah, Curug Pulosari merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, tidak ada bangunan apapun di lokasi wisata alam ini. Adapun warung hanya buka di hari libur atau hari minggu. Sepinya suasana semakin menambah kesan asri dan nyaman, terutama bagi wisatawan yang datang dari perkotaan.

Meski demikian, tetap saja keramaian didapatkan dari pengunjung lain di hari yang sama ketika anda datang ke lokasi. Namun keberadaan mereka tidaklah mengganggu aktivitas atau pesona alam yang disajikan. Aliran air dengan suara khasnya masih tetap terdengar jelas. Begitu pula dengan pohon yang tetap dengan warna hijau alaminya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Pulosari
Image Credit: Google Maps ghufron zaida

Bagi anda yang ingin mengunjungi Curug Pulosari setelah menyimak daya tarik diatas, silahkan langsung menuju ke Jalan Krebet, Sendangsari, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 28 kilometer.

Anggap saja saat ini anda berada di pusat Kota Jogja, silahkan menuju ke Jalan KH. Ahmad Dahlan terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Wates dan melewati Jalan Ringroad Barat. Setelah melakukan perjalanan beberapa menit, anda akan tiba di Jalan Nasional III dan melewati Jalan Rindang.

Di titik tersebut, rute yang harus diambil selanjutnya adalah Jalan Bibis Raya. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jalan Bangunjiwo, Jalan Gua Selarong dan Jalan Pandu Dewonto. Lokasi wisata tidak jauh lagi, silahkan gunakan papan petunjuk yang ada di tepi jalan. Jika anda masih bingung, sebaiknya gunakan panduan dari aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Curug Pulosari
Image Credit: Instagram Andi Nurhafsah

Keindahan Curug Pulosari ternyata tidak harus dibayar mahal, cukup dengan membayar biaya tiket sebesar 2.000 rupiah per orang. Harga yang sangat murah tentunya dibandingkan dengan liburan yang berkesan. Biaya lain yang wajib dikeluarkan yakni dari parkir kendaraan, tentunya juga sangat terjangkau.

Apabila anda membawa mobil, biaya parkir hanya 5.000 rupiah, sedangkan bagi pengunjung yang membawa sepeda motor berlaku tarif 2.000 per unit. Air terjun cantik di Bantul ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Disarankan datang ketika musim hujan atau setelah hujan, karena di musim kemarau debit air tidak terlalu deras sehingga keindahannya kurang maksimal.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Pulosari

Aktivitas di Curug Pulosari
Image Credit: Twitter ayas adalah umak

Hanya berupa air terjun bukan berarti tidak ada kegiatan yang menarik. Justru sebaliknya, Curug Pulosari menawarkan berbagai aktivitas seru sehingga liburan semakin berkesan dan membekas di memori. Berikut ulasan lengkap mengenai aktivitas yang seru dilakukan selama di lokasi!

1. Tracking Menuju Lokasi

Biaya masuk yang murah ternyata harus diganti dengan perjuangan menuju ke lokasi air terjun. Kendaraan hanya bisa mengantarkan anda ke tempat parkir, selanjutnya harus ditempuh dengan berjalan kaki. Perjalanan dimulai dengan melewati jalan setapak dengan kondisi yang kurang baik dan licin.

Perjalanan curam selalu menemani setiap langkah karena lokasinya berada di bawah jurang. Setelah itu ada jembatan yang terbuat dari bilah bambu sebagai akses penyeberangan sungai. Perjalanan yang anda tempuh tidak langsung menuju bagian bawah Curug Pulosari, melainkan di atasnya.

Supaya bisa sampai ke bawah, anda harus menyusuri jalan setapak dengan kecuraman yang lumayan. Kondisinya pun licin dengan bebatuan yang ada di sepanjang perjalanan. Bagi yang suka tantangan, aktivitas ini bukanlah penghalang, justru membuat liburan semakin seru. Meskipun tergolong butuh perjuangan, tetapi pemandangan sekitar membuat perjalanan tidak terasa.

2. Berenang Sambil Menikmati Kesegaran Air Kolam

Sesampainya anda di bagian utama Curug Pulosari, tidak ada salahnya menceburkan diri ke dalam kolam dan merasakan segarnya air jernih. Aktivitas ini menjadi lebih seru karena kolam tidak terlalu dalam dan cukup aman bagi yang ingin berenang. Meski demikian, tetap disarankan untuk berhati-hati dan menjaga keselamatan.

3. Bermain Air di Pinggir Kolam

Selain berenang, aktivitas yang seru dan mungkin cocok dilakukan adalah bermain air. Memang terlihat tidak terlalu menarik, namun kesegaran airnya mengubah anggapan tersebut. Sambil berpijak pada batuan yang ada di sekitar kolam, bermain air di Curug Pulosari menjadi lebih seru, apalagi jika anda berkunjung bersama anggota keluarga.

Aktivitas Menarik di Curug Pulosari
Image Credit: Google Maps Manu

4. Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alamnya mempesona dan menarik perhatian setiap wisatawan yang datang. Bersantai sambil menikmati panorama alam cocok dilakukan jika anda tidak ingin beraktivitas apapun. Sulit melupakan pesona aliran air terjun yang membentang bak tirai. Pepohonan rindang di sekitar lokasi semakin menyejukkan dan memanjakan mata.

Apalagi jika anda melihat batuan yang tersebar di beberapa titik, kesan yang didapatkan tentu eksotis dan menawan. Birunya air kolam semakin menjadikan suasana tenteram dan diharapkan mampu menghilangkan penat serta beban pikiran. Memang aktivitas menikmati keindahan alam terkesan pasif, namun percayalah bahwa hal ini bisa meredakan stress dan membuat pikiran lebih fresh.

5. Berburu Spot Foto

Aktivitas menarik dan wajib ketika berwisata alam adalah berburu spot foto. Curug Pulosari menawarkan keindahan yang berbeda dengan air terjun di tempat lain karena memiliki karakteristik tersendiri. Jangan lupa mengambil foto terbaik untuk diabadikan atau dibuat posting di media sosial.

Pada umumnya, pengunjung menggunakan batuan yang ada di sekitar kolam dengan background utama air terjun. Anda bisa berkreasi sendiri dalam hal ini, misalnya mengambil foto ketika melakukan aktivitas menarik seperti berenang atau bermain air. Intinya, sajian alam yang ditawarkan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Pulosari
Image Credit: Instagram Jogjakarta

Fasilitas yang tersedia di Curug Pulosari dibangun secara swadaya oleh warga sekitar. Meski demikian, bisa dikatakan fasilitas tersebut lumayan lengkap. Silahkan manfaatkan area parkir dengan tarif yang telah disebutkan diatas. Beberapa warung makan tersedia di sekitar lokasi, meskipun jumlahnya tidak banyak dengan menu seadanya.

Fasilitas lainnya yaitu toilet dan kamar ganti yang pastinya berguna setelah anda berenang atau bermain air. Bagi yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam, sebaiknya gunakan gazebo dan beberapa tempat duduk yang disediakan. Objek wisata alam ini pun menyediakan tempat penyewaan ban bagi anda yang ingin bersantai di kolam air terjun.

Cukup menarik ulasan mengenai Curug Pulosari diatas, mulai daya tarik, aktivitas, hingga fasilitas yang disediakan. Apabila anda berminat dan ingin berkunjung, jangan lupa bawa baju ganti dan gunakan alas kaki yang nyaman. Selain itu, usahakan datang ketika musim hujan, dimana debit air lumayan deras sehingga tirai putih jelas terlihat.



Selengkapnya bisa anda lihat di https://www.itrip.id/curug-pulosari-bantul

Berikut ini Adalah Link Alternatif Situs Judi Slot Online 2021 Terpercaya Lainnya:

  1. Slot Online
  2. Ceme online 2021
  3. Slot Online Terbaik 2021
  4. Judi Slot Online
  5. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  6. Situs Slot Online
  7. Slot Online
  8. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  9. Situs Judi Slot Online
  10. Slot Online
  11. Slot Judi Online
  12. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  13. Situs Slot Online
  14. Slot Online Terlengkap
  15. Poker Online Terpercaya
  16. Judi Slot Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Poker Online Slot Online Slot Online Ceme Online Agen Slot Online Slot Online ceme Online Slot Online Slot Online Slot Online terbaik Slot Online rsmi Slot Online Slot Online Situs Slot Online Judi resmi Slot Online Gacor