Goa Pinus, Goa Jepang dengan View Alam Eksotis Nan Memukau di Batu Malang

5 min read

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00–17.30 WIB, Alamat: Gunung Mbah Ba’i, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Goa Pinus Batu merupakan perpaduan antara goa dan hutan pinus. Goa yang ada di kawasan ini merupakan bekas galian tambang pasir pada zaman penjajahan Jepang yang sempat terbengkalai. Panjang goa hanya 5 meter saja, sedangkan untuk tingginya hanya 1,5 meter sehingga untuk para pengunjung yang memiliki tinggi lebih dari itu harus menunduk jika memasukinya.

Goa ini memiliki karakteristik yang khas. Meskipun goa ini merupakan buatan manusia, namun stalaktit dan stalagmit yang ada di dalamnya terbentuk alami sehingga aura di sekitar terasa misterius. Keindahan alam di goa ini menjadi cukup populer, akan tetapi bukan hanya goa jepang ini saja yang menjadi destinasi utama sehingga hits di kalangan anak-anak muda.

Potensi pariwisata yang ada, membuat pengelola berinisiatif menjadikan kawasan ini tempat yang intagramable. Tidak perlu memasuki kawasan Goa Pinus, pengunjung hanya perlu berjalan-jalan di sekitarnya saja untuk menuju berbagai spot foto yang sangat menarik. Dengan udara yang segar dan pemandangan yang indah, pengunjung dibuat betah berlama-lama menghabiskan waktu disiini.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Pinus

Daya Tarik Goa Pinus
Image Credit: Google Maps 모니카Monika

Batu memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Goa Pinus Malang ini. Saat ini, destinasi wisata ini menjadi sangat hits dan sayang untuk dilewatkan terutama untuk para anak muda yang memiliki hobi hunting foto. Destinasi wisata ini menjadi populer sudah tentu tidak lepas dari banyaknya daya tarik yang ditawarkan.

1. Suasana Alam

Berada di dataran tinggi, destinasi wisata satu ini menawarkan suasana alam yang asri. Lingkungannya bersih dengan pepohonan pinus yang meneduhkan. Tidak hanya itu, pemandangan alam di bawahnya juga sangat cantik, penuh dengan pepohonan hijau. Dari kawasan ini juga, pengunjung dapat melihat pemandangan indah dari Gunung Arjuna.

Suasana alam yang masih natural ini banyak menarik minat pengunjung yang ingin rehat dari hiruk pikuk perkotaan. Tidak ada polusi sehingga pengunjung dapat leluasa menghirup udara yang bersih. Destinasi wisata ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk menyegarkan badan dan pikiran. Gemerisik pepohonan dan aroma kayu pinus sangat tepat untuk menenangkan diri.

2. Goa Jepang

Goa ini sudah ada sejak penjajahan Jepang, jauh sebelum kawasan ini menjadi destinasi wisata. Karena itulah goa ini menjadi salah satu daya tarik untuk melihat kembali peninggalan pada masa-masa penjajahan. Jika Anda takut gelap, Anda tidak perlu khawatir. Karena goa ini tidak terlalu dalam, sinar matahari juga masih bisa masuk sehingga kondisinya tidak terlalu gelap.

Goa bekas pertambangan ini memang sayang untuk dilewatkan. Karena meski tidak terlalu dalam dan tingginya hanya 1,5 meter saja, namun goa ini memiliki keunikannya sendiri. Tempatnya yang berada di ketinggian dan dikelilingi hutan pinus membuat goa ini tampak menyatu dengan alam meskipun dibuat oleh manusia.

3. Gardu Pandang

Destinasi wisata ini memiliki beberapa titik gardu pandang. Menjadi sangat menarik karena tempatnya yang tinggi memungkinkan pengunjung melihat pemandangan alam di bawahnya dengan lebih leluasa tanpa terhalang apapun. Di gardu pandang ini, pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan sawah, hutan, pegunungan, juga pemukiman di Kota Batu.

Tidak hanya sebagai gardu pandang, pengelola membentuk titik lokasi ini dengan cukup unik sehingga dapat digunakan pengunjung untuk berfoto. Menjadi salah satu daya tarik karena pengunjung dapat mengambil gambar dengan latar alam terbuka yang terbentang. Adanya beberapa titik gardu pandang juga memungkinkan pengunjung mendapatkan latar alam yang berbeda-beda.

Daya Tarik Dimiliki Goa Pinus
Image Credit: Google Maps Mas Rahman

4. Spot Foto

Tidak hanya gardu pandang saja yang dapat digunakan sebagai spot foto, pengelola juga sudah menyiapkan banyak sekali spot-spot foto lainnya yang tidak kalah instagramamble. Dengan konsep alam, spot-spot ini sebagian besar menggunakan kayu atau bambu yang disusun hingga membentuk seni yang estetis, sangat cantik untuk dijadikan spot foto.

Spot foto yang banyak diburu di Goa Pinus adalah Lego Spot. Di kawasan ini ada banyak sekali spot dengan bentuk bervariatif serta latar alam yang hijau dan segar. Beberapa spot seperti perahu, ada juga rumah hobbit, sangkar burung, juga balon udara. Masih ada juga banyak spot lainnya yang akan memanjakan pengunjung. Masuk Lego Spot, pengunjung hanya perlu membayar Rp10.000 saja.

5. Rumah Papua

Rumah Papua menjadi daya tarik yang cukup banyak diminati. Pengunjung akan disuguhkan dengan beberapa rumah-rumah kecil khas Papua. Dengan adanya rumah papua ini menjadi salah satu sarana edukatif untuk mempelajari warisan budaya nusantara. Ditambah dengan latar alam di sekitarnya yang turut mendukung.

Di kawasan Rumah Papua ini juga tersedia café yang akan memanjakan pengunjung dengan berbagai menu makanan dan minuman. Café ini sangat nyaman, masih menggunakan keindahan alam sebagai daya tariknya. Untuk memasuki kawasan Rumah Papua ini, pengunjung harus membayar Rp 10.000 per orang dengan cashback secangkir susu.

6. Taman Kelinci

Taman kelinci ini menjadi kawasan yang sangat cocok untuk anak-anak. Karena menonjolkan nilai edukasi, anak-anak dapat bermain sambil belajar di kawasan ini. Anda hanya cukup membayar Rp 5.000 saja untuk memasukinya. Jika Anda menyukai kuliner sate kelinci, Anda juga dapat menikmatinya di taman yang menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Pinus
Image Credit: Google Maps Ingsiar Mahardika Siswoyo

Goa Pinus berada di Pujon. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Batu. Jaraknya hanya sekitar 11,6 kilometer saja atau dapat ditempuh kurang lebih selama 25 menit perjalanan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, akan tetapi sayangnya masih belum ada transportasi umum yang menuju ke lokasi.

Anda hanya perlu menuju Pujon jika ingin berkunjung ke destinasi wisata ini. Sesampainya di Pujon, Anda akan menemukan beberapa petunjuk arah. Jika bingung, Anda dapat bertanya pada warga sekitar yang akan menunjukkan jalan. Aplikasi GoogleMap juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan rute menuju lokasi.

Goa Pinus berada di dataran tinggi, sehingga perjalanan Anda akan ditemani dengan pemandangan alam yang indah dan hijau. Kawasan yang masih alami akan membuat perjalanan Anda tidak terasa terlalu lelah. Jalanan hampir seluruhnya tertutup aspal. Akan tetapi ada beberapa titik jalan yang rusak sehingga pengendara harus berhati-hati.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Goa Pinus Batu
Image Credit: Google Maps Bahrudin Hasan

Goa Pinus buka setiap hari dari jam 07.00 hingga 17.30 WIB. Tiket masuk yang dikenakan sangat terjangkau. Anda hanya cukup membayar Rp 5.000 saja untuk dapat berkeliling di kawasan hutan pinus dan goa Jepang. Anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan seharga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja tergantung kendaraan Anda.

Beberapa spot foto juga dikenakan biaya, misalnya saja Taman Kelinci atau Rumah Papua. Harga untuk tiap spot foto berbayar juga berbeda-beda, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000 saja. Harga ini termasuk terjangkau untuk spot foto cantik yang dapat Anda nikmati. Di Taman Kelinci, Anda tidak hanya dapat berfoto namun juga menikmati kuliner sate kelinci.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Goa Pinus

Aktivitas di Goa Pinus
Image Credit: Google Maps Galih Fajar Antasari

Goa Pinus menjadi destinasi wisata yang cukup populer karena kawasan ini tidak hanya menyajikan berbagai daya tarik, namun pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas uang menarik. Anda juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini jika mengunjungi kawasan wisata yang banyak diincar para anak muda ini.

1. Menikmati Pemandangan

Jika Anda sedang jenuh, maka Anda dapat datang ke Goa Pinus Batu untuk menyegarkan pikiran. Dengan menyajikan suasana alam yang masih sangat asri, Anda juga dapat dengan leluasa menghirup udara yang bersih. Gardu-gardu pandang telah disiapkan untuk Anda menikmati bentangan alam yang indah tanpa halangan.

Destinasi wisata ini memang menjadikan alam sebagai daya tarik utama dengan pepohonan pinus yang meneduhkan. Selain itu, Gunung Arjuna juga tidak kalah membuat pemandangan menjadi lebih cantik. Apalagi jika Anda datang pada sore hari, Anda akan melihat keindahan matahari yang tenggelam di antara Gunung Arjuna.

2. Berfoto

Datang ke destinasi wisata satu ini tentu akan sangat kurang jika tidak berfoto. Sudah tersedia begitu banyak spot-spot foto yang dibangun secara estetis dan instagramable. Hunting foto di kawasan ini tidak akan membuat Anda kecewa. Berbagai spot dengan bentuk-bentuk yang variatif sudah tentu akan memuaskan Anda.

3. Bersantai

Di kawasan Goa Pinus ini juga tersedia hammock untuk Anda bersantai. Tiduran sambil mendengarkan gemerisik angin akan menghilangkan penat Anda. Hammock ini dipasang di antara pohon-pohon pinus, sehingga bersantai di bawahnya akan terasa sangat segar dan menenangkan. Anda juga dapat mencoba hammock-hammock ini jika memang hanya ingin bersantai saja.

Tidak hanya di atas hammock, Anda juga bisa bersantai di café. Dengan sajian makanan dan minuman, bersantai di café dengan nuansa alam juga dapat menjadi pilihan yang pas untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Goa Pinus Batu
Image Credit: Google Maps Bee Ghazhaly

Goa Pinus memiliki banyak fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Lahan parkir sangat luas sehingga dapat menampung mobil dan motor. Lahan parkir memang masih sederhana, namun sudah terakomodasi dengan baik. Pengunjung sudah tidak perlu khawatir untuk menitipkan kendaraan. Terdapat juga beberapa WC umum yang dapat digunakan oleh pengunjung sewaktu-waktu.

Kawasan ini juga menyediakan spot-spot foto yang dikelola dan dirawat dengan baik. Dengan begitu, pengunjung dapat lebih menikmati spot-spot foto ini dari waktu ke waktu. Pengunjung juga dapat melepas penat sambil mengisi perut karena kawasan ini juga tersedia kantin dan café yang menyajikan menu-menu makanan dan minuman yang dapat disantap sambil menikmati alam sekitar.

Fasilitas lainnya berupa musala dan juga perlengkapan ibadah. Pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas ini dengan nyaman. Kawasan ini juga memiliki jalan-jalan setapak yang mudah untuk dilalui. Dengan konblok yang terpasang di sepanjang jalan membuat pengunjung tidak perlu bersusah payah menuju satu spot ke spot lainnya.

Goa Pinus di Batu Malang menjadi salah satu destinasi primadona yang kini hits terutama di kalangan anak-anak muda. Dengan menyajikan berbagai spot foto yang cantik dan intagramable membuat kawasan ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Selain spot foto, kawasan ini juga menjadi tempat yang sangat nyaman untuk menyegarkan badan dan pikiran karena tempatnya yang asri dan masih alami.

Selengkapnya bisa anda lihat di https://www.itrip.id/goa-pinus-batu-malang

Berikut ini Adalah Link Alternatif Situs Judi Slot Online 2021 Terpercaya Lainnya:

  1. Slot Online
  2. Ceme online 2021
  3. Slot Online
  4. Slot Online Terbaik 2021
  5. Judi Slot Online
  6. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  7. Situs Slot Online
  8. Slot Online
  9. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  10. Situs Judi Slot Online
  11. Slot Online
  12. Slot Judi Online
  13. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  14. Situs Slot Online
  15. Slot Online Terlengkap
  16. Poker Online Terpercaya
  17. Judi Slot Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Poker Online Slot Online Slot Online Ceme Online Agen Slot Online Slot Online