Puri Agung Karangasem, Destinasi Wisata Sejarah Favorit di Bali

5 min read

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 06.00-21.00 WITA, Alamat: Jl. Sultan Agung, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali; Map: Cek Lokasi

Indonesia adalah negara yang memiliki kebudayaan berlimpah. Kebudayaan ini tak lepas juga dari pengaruh bangsa lain atau pengaruh Hindu-Budha, Ialah Bali. Terkenal dengan Kota yang memiliki banyak budaya Hindu ini juga menyimpan berbagai destinasi wisata rohani berbentuk museum yaitu seperti Puri Agung Karangasem.

Terletak di kawasan Gunung Agung. Pesona Gunung Agung menawarkan keindahan yang menarik. Tak hanya dari segi keindahan alam dan keasrian tetapi juga menyimpan sejarah yang akan selalu dikenang. Seperti di Puri Agung. Merupakan saksi dari peninggalan kerajaaan Karangasem.

Kerajaan Karangasem telah berdiri dari 16 abad yang lalu. Banyak peninggalan serta sejarah yang masih dilestarikan di Puri Agung Karangasem. Wisata rohani sekaligus menambah edukasi ini dapat anda pilih menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjung. Ada beberapa alasan kenapa puri ini menarik untuk dikunjungi, Yuk simak bersama!

Daya Tarik yang Dimiliki Puri Agung Karangasem

Daya Tarik Puri Agung Karangasem
Image Credit: Google Maps Raynardthan Pontoh

1. Sejarah Warisan Peninggalan

Puri Agung Karangasem adalah bukti dari sejarah peninggalan kerajaan karangasem yang pernah berjaya di Bali, kata puri ini berasal dari pengertian tempat tinggal bangsawan pada zaman dahulu, dapat diartikan, di Puri ini tempat para pemerintah kerajaan memerintah.

Puri ini dibangun dengan menyatukan tiga gaya arsitektur yaitu dari Bali, Eropa dan China. Arsitektur ini dapat dijumpai dari beberapa ciri khas dari puri sendiri. Seperti untuk arsitektur bali terdapat pada pahatan-pahatan patung-patung Hindu yang berada di Puri dan beberapa corak di dinding Puri yang berbentuk relief.

Untuk arsitektur Eropa dapat dijumpai dari gaya gedung dari Puri yang berbentuk seperti beranda dengan luas yang besar. Terakhir untuk arsitektur China dapat dilihat dari gaya dan ornamen seperti pada bagian pintu, jendela dan bagian lainnya. Ketiga arsitektur ini menyatu dengan sempurna menjadi Puri yang megah dan indah.

Pada abad ke-19, Puri Agung menjadi pusat kerajaan di Bali dengan menaklukan beberapa pemerintahan lainnya. Sejarah ini menjadikan pusat puri sebagai warisan peninggalan yang harus dijaga, bangunan yang telah terbangun sejak lama yang masih asri dengan peninggalan-peninggalan leluhur sebagai ajang bukti dan untuk belajar sejarah.

Saat memasuki lokasi kawasan Puri anda akan merasakan aroma religius dan magis sangat terasa, dibalut oleh bangunan tembok yang memiliki ketebalan dan ketinggian yang sangat utuh dan kokoh. Selain bangunan, terdapat juga tanaman-tanaman seperti pohon-pohon besar yang rindang dan rimbun, diperkirakan telah berumur tua.

2. Bangunan Puri

Menariknya, daya tarik selanjutnya terdapat di bangunan-bangunan yang berada di kawasan Puri. Bangunan-bangunan megah peninggalan ini seperti bagian Puri sebagai pusat pemerintah kerajaan, selanjutnya ada bagian taman air sebagai tempat persinggahan untuk melakukan rapat serta ada bagian tempat peristirahatan raja.

Ada tiga bangunan utama Puri yang sama-sama megah yaitu Jaba Tengah, Bencingah serta Maskerdam. Jaba tengah adalah bagian tengah Puri yang dijadikan sebagai tempat kebun Puri dengan menampilkan berbagai macam tumbuhan diselingi dengan kolam. Di tengah kolam terdapat lagi bangunan Balai Gili atau gedung mengambang.

Di gedung mengambang tersebut ada dua pohon leci tua yang sudah berumur. Selanjutnya, benciang adalah bagian depan Puri. Di bagian ini terdapat kesenian-kesenian tradisional yang sering dipertontonkan. Selanjutnya ada bagian Maskerdam, nama ini diberikan berasal dari nama kota Amsterdam Belanda.

Bangunan Maskerdam ini merupakan tempat para raja untuk memulai pemerintahannya seperti tempat rapat dan lain-lain. Selain itu terdapat juga bangunan tempat tinggal pengantin baru di bagian timur disebut Balai Ekalange. Bangunan ini masih terjaga kelestariannya sampai sekarang.

Daya Tarik Dimiliki Puri Agung Karangasem
Image Credit: Google Maps Raynardthan Pontoh

3. Peninggalan Puri

Puri Agung Karangsem juga menampilkan daya tari yaitu peninggalan-peninggalan kerajaan yang masih tersimpan utuh di Puri. Seperti beberapa benda pakaian kerajaan, ranjang tempat tidur kerajaan, lemari pakaian kerajaan, foto lengkap kerajaan, lukisan-lukisan dahulu, ada meja dan kursi khas kerajaan hingga benda pusaka keris.

Anda dapat melihat benda-benda ini di Puri karena telah tersusun rapi di beberapa ruangan khusus untuk dinikmati para pengujung. Pengumpulan benda-benda ini adalah dengan tujuan untuk melestarikan kembali peninggalan-peninggalan kerajaan sebagai usaha edukasi para pengunjung di Puri yang dijadikan museum ini.

4. Museum Hidup

Puri Agung menyajikan keindahan panorama alam yang masih asri. Di kawasan Puri, masih tersedia pepohonan-pepohonan rimbun tumbuh dengan subur, bahkan tumbuhan ini telah hidup ratusan tahun. Tak sampai disitu, seni arsitektur bangunan Puri juga sangat menarik dan mewah.

Selain itu, Puri ini memiliki peninggalan-peninggalan kerajaan yang masih dijaga kelestariannya agar tetap bisa di lihat semua umur dan di masa mendatang. Uniknya tak sampai disitu, Puri ini juga menyediakan aktivitas-aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh semua orang di puri sehingga disebut juga dengan Musem hidup.

Aktivitas kegiatan ini adalah dalam upaya untuk tetap melestarikan dan mengembangkan seni-seni kerajaan yang masih dipegang teguh. Beberapa aktivitas ini yaitu seperti belajar ilmu budaya, spiritual maupun agama. Beberapa juga belajar seni tari dan tabuh, yang dikhususkan untuk anak-anak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puri Agung
Image Credit: Google Maps Gede Sudayana

Destinasi wisata sekaligus edukasi sejarah ini hanya dapat ditemui di Bali, tepatnya berada di Jalan Sultan Agung Karangasem, Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Lokasi Puri Agung cukup strategis dari pusat kota.

Jarak perjalanan dari pusat kota Denpasar menuju ke lokasi wisata ini sekitar 65 kilometer di perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam di perjalanan. Sedangkan jarak perjalanan dari Candidasa ke lokasi wisata sekitar 15 kilometer di perjalanan dengan mengambil jalur arah timur.

Pengunjung dapat menikmati perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Di sepanjang rute belum tersedia akses untuk kendaraan umum. Anda juga dapat menggunakan jasa sewa mobil dengan memilih supir yang sudah berpengalaman mengantar ke tempat wisata.

Perjalanan sangat aman dan tentram. Jalanan menuju ke lokasi Puri tidak rusak, memiliki jalanan yang beraspal dengan mulus serta tidak berkelok-kelok. Anda dapat mengikuti jalur raya dari Kota Denpasar menuju ke lokasi Puri Agung Karangasem.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali datang, disarankan untuk tetap menggunakan aplikasi google maps agar perjalanan lebih aman dan terkendali atau dapat langsung menanyakan dengan masyarakat setempat. Sepanjang perjalanan, anda akan melihat pesona Gunung Agung yang terbentang dengan pepohonan yang menghijau.

Karena pandemic covid masih bebas berkeliaran di seluruh penjuru tanah air tak terkecuali di Bali, anda disarankan juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan berjarak jarak dan selalu memakai masker, serta membawa perlengkapan kesehatan dan hand sanitizer.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puri Agung
Image Credit: Google Maps Ida Bagus Made Suta Susila

Untuk berkunjung di tempat wisata edukasi yang menarik ini, biaya retribusi dibayar dengan sebesar Rp 15.000 per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk keliling area Puri Agung Karangasem. Pengelola juga menyediakan paket tour yang dapat digunakan oleh instansi-instansi, bisa berkelompok seperti karyawisata sekolah maupun kantor.

Adapun untuk waktu operasionalnya, Puri ini dibuka pada hari Senin sampai dengan Hari Minggu dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 21.00 malam hari. Pengunjung dapat juga melakukan sewa penginapan di beberapa penginapan terdekat dari Puri dengan harga yang ekonomis.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puri Agung

Aktivitas Menarik Puri Agung
Image Credit: Google Maps Rheeyna Ashty

1. Berkeliling Puri

Kegiatan menarik yang dapat dilakukan adalah dengan berkeliling Puri. Ketika sampai di kawasan Puri, pengunjung akan disambut oleh beberapa petugas di Puri yang akan menjadi pemandu perjalanan anda selama mengelilingi puri. Wisatawan akan melihat semua peninggalan-peninggalan kerajaan selama berkeliling.

2. Melihat Benda-Benda Peninggalan

Puri Agung Karangasem memiliki benda-benda peninggalan yang masih dijaga kelestariannya. Benda ini disusun di tempat-tempat khusus dapat dipamerkan dengan para wisatawan. Anda dapat melihat benda-benda peninggalan mulai dari benda perabotan rumah hingga benda-benda budaya yang pusaka seperti kris.

3. Menyaksikann Kegiataan Budaya

Selain menikmati keindahan museum dengan peninggalan-peninggalan kerajaan. Pengunjung juga dapat menyaksikan beberapa kegiatan masyarakat setempat. Seperti kegiatan seni tari dan tabuh. Anda juga dapat melihat anak-anak yang sedang belajar agama, spiritual maupun budaya dengan guru-guru mereka di Puri ini.

Kegiatan ini dapat dilihat hampir setiap hari pada waktu-waktu tertentu. Jika beruntung, anda dapat datang dengan menyaksikan kegiatan-kegiatan masyarakat seperti upacara adat ataupun sesembahan di Puri.

4. Mengabadikan Momen

Kegiatan menarik lainnya adalah berfoto di kawasan Puri Agung Karangasem. Sayang rasanya jika tak mengabadikan momen melihat benda-benda kerajaan dibalut dengan arsitektur Puri yang megah dan unik bukan? Anda dapat berfoto di sekitar kawasan Puri ataupun memfoto beberapa peninggalan kerajaan Puri secara bersama-sama.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puri Agung
Image Credit: Google Maps Lelyana Ramadhini

Fasilitas yang diberikan di kawasan Puri Agung Karangasem cukup memadai, tersedia toilet yang bersih untuk pengunjung. Terdapat juga area parkir khusus pengunjung. Selain itu, anda dapat berkeliling dengan dipandu oleh petugas.

Petugas ini nantinya yang akan menjelaskan tentang sejarah Puri. Tersedia juga beberapa tempat duduk seperti kursi dan meja khusus untuk pengunjung yang lelah dari berkeliling.

Puri ini juga menyediakan beberapa aktivitas yang menarik untuk disaksikan seperti melihat pertunjukan seni tari maupun seni tabuh oleh anak-anak dari masyarakat setempat.

Puri Agung Karangasem adalah salah satu destinasi wisata yang selain menampilkan sisi arsitektur yang menawan dan menarik tetapi juga menyimpan edukasi yang indah. Indonesia adalah negara yang tak luput dari perkembangan pengaruh dari Hindu-Budha, wisata ini sangat cocok untuk anda yang menyukai sejarah.

Selengkapnya bisa anda lihat di https://www.itrip.id/puri-agung-karangasem

Berikut ini Adalah Link Alternatif Situs Judi Slot Online 2021 Terpercaya Lainnya:

  1. Slot Online
  2. Ceme online 2021
  3. Slot Online Terbaik 2021
  4. Judi Slot Online
  5. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  6. Situs Slot Online
  7. Slot Online
  8. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  9. Situs Judi Slot Online
  10. Slot Online
  11. Slot Judi Online
  12. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  13. Situs Slot Online
  14. Slot Online Terlengkap
  15. Poker Online Terpercaya
  16. Judi Slot Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Poker Online Slot Online Slot Online Ceme Online Agen Slot Online Slot Online ceme Online Slot Online Slot Online Slot Online terbaik Slot Online rsmi Slot Online Slot Online Situs Slot Online Judi resmi Slot Online Gacor