Suwat Waterfall, Pesona Alam Eksotis Nan Menawan di Gianyar Bali

5 min read

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00–18.00 WITA, Alamat: Suwat, Kec. Gianyar, Kab Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Dikenal sebagai wilayah yang memiliki deretan pantai dengan eksotisme masing-masing, siapa sangka jika Bali memiliki air terjun yang sangat indah. Suwat Waterfall di Gianyar Bali, setidaknya itulah nama yang dikenal oleh sebagian besar wisatawan asing maupun lokal. Saat ini masih tidak terlalu ramai karena lokasinya yang tersembunyi dan lumayan sulit dijangkau.

Karena tidak terlalu ramai inilah air terjun ini masih asri dengan udara sejuk dan menyegarkan. Lokasinya berada di tengah hutan, jadi perlu sedikit perjalanan dari tempat parkir menuju lokasi. Meskipun tidak terlalu jauh, namun medan nya lumayan menantang, apalagi ketika beranjak pulang karena penuh tanjakan.

Objek wisata ini baru dibuka pada tahun 2019 dan langsung mendapat perhatian oleh sebagian besar pelancong. Pengunjung yang datang ke sini bukan hanya dari wisatawan lokal, namun juga banyak dari wisatawan asing. Popularitas nya semakin meningkat seiring banyaknya wisatawan yang mengekspos dan memamerkannya di media sosial.

Daya Tarik yang Dimiliki Suwat Waterfall

Daya Tarik Suwat Waterfall
Image Credit: Google Maps Andrii Bashtovyi

Terhitung ribuan wisatawan yang datang mengunjungi Suwat Waterfall. Jumlah tersebut tidak lain karena alasan daya tarik yang dimiliki. Supaya tidak semakin penasaran dan sekaligus sebagai referensi, berikut beberapa daya tarik yang dimaksud!

1. Keunikan Suwat Waterfall

Setiap air terjun memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing sebagai daya tariknya. Untuk kali ini lebih berbentuk cekung seperti sebuah mangkuk raksasa. Ketinggian air terjun hanya sekitar 10 meter dengan debit air yang lumayan. Di musim hujan, debit air lumayan deras dengan air yang tidak terlalu bagus warnanya.

Lain hanya jika di musim kemarau, dimana air kolam sangat cantik dan jernih dengan warna hijau tosca nya. Meskipun tidak terlalu tinggi, kelebaran Suwat Waterfall cukup menarik perhatian. Ketika debit air tinggi, di saat itulah pengunjung dapat melihatnya seperti tirai besar yang cantik dan eksotis.

Seperti halnya di air terjun pada umumnya, di sini juga dikelilingi, oleh tanaman liar dan semak belukar. Warna hijau pun didapatkan dan sejuk dipandang mata. Semua titik di lokasi ini dipenuhi pohon rindang sebagai pelindungnya. Bahkan di saat siang terik pun tidak terasa panas karena terhalang pohon tersebut.

2. Kolam Luas dengan Air Jernih

Daya tarik Suwat Waterfall berikutnya dari ukuran kolam yang sangat luas. banyak wisatawan yang tidak bisa menahan diri untuk berenang jika melihat kolam di air terjun ini. Di bawah aliran air yang jatuh terdapat sebuah bongkahan batu besar yang tidak terendam sepenuhnya oleh kedalaman kolam.

Kedalamannya sendiri diperkirakan mencapai 5 hingga 7 meter di bagian tengahnya. Meski demikian, di bagian tepi masih tergolong dangkal dan cocok dijadikan sebagai aktivitas bermain air. Warna air kolam tergolong jernih jika memasuki musim kemarau, yakni berwarna hijau tosca. Sayangnya, akan terlihat keruh dan cokelat ketika musim hujan tiba.

Daya Tarik Dimiliki Suwat Waterfall
Image Credit: Google Maps tony

3. Gua Kecil Dibalik Air Terjun

Suwat Waterfall memiliki sebuah lubang berukuran besar dibawah batu tebing tempat air mengalir. Lubang ini tampak seperti sebuah gua jika dilihat dari kejauhan. Tidak banyak air terjun yang memiliki keunikan ini, maka bolehlah jika dijadikan salah satu daya tarik utamanya.

Menariknya, pengunjung yang lihai berenang bisa menuju cekungan tersebut untuk mendapatkan sensasi berbeda ketika mengunjungi objek wisata air terjun. Biasanya, mereka menggunakan batuan sebagai tempat jatuhnya air sebagai pijakan untuk menuju gua. Meskipun diperlukan usaha ekstra, namun pemandangan cantik di dalam gua sungguh mengagumkan.

4. Patung Kura-Kura Ikonik

Bukan sebagai daya tarik utama, namun setidaknya patung kura-kura yang ada di pintu masuk semakin melengkapi daya tarik Suwat Waterfall. Bukan tanpa alasan kenapa dibuat patung batu kura-kura berukuran raksasa. Dulunya, air terjun di Bali ini banyak terdapat kura-kura sakral yang dianggap suci oleh warga setempat.

Bahkan sampai saat ini pun masih dijumpai adanya kura-kura bagi pengunjung yang beruntung. Hanya saja tidak terlalu banyak yang pernah menyaksikannya. Kemungkinan karena mereka takut karena pengunjung yang datang setiap hari. Patung tersebut sengaja dijadikan ikon supaya lebih mudah dikenal dan diingat wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Suwat Waterfall
Image Credit: Google Maps Aden Setya

Alamat Suwat Waterfall berada di Jalan Pura Dalem, Desa Suwat, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Silahkan langsung menuju alamat tersebut jika anda tertarik. Jarak dari Denpasar sekitar 33 kilometer yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam lebih. Akses jalan hingga menuju tempat parkir atau gerbang masuk sudah cukup baik.

Untuk rute nya sendiri, silahkan gunakan Taman Bundaran Ngurah Rai sebagai patokan utama. Dari taman tersebut, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Tol Bali Mandara. Titik pemberhentian berikutnya yaitu Bypass Ngurah Rai yang pastinya sudah banyak diketahui warga lokal maupun sekitarnya.

Check poin selanjutnya adalah Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra dan teruskan perjalanan hingga menemukan pertigaan di PT. Sinar Bali Readymix. Dari pertigaan tersebut, ambil arah kiri yang menuju ke Jalan Selukat. Tersedia papan petunjuk di daerah ini, silahkan anda manfaatkan sebaik-baiknya, atau bertanya kepada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Suwat Waterfall
Image Credit: Google Maps Mahayasa Bali

Sesampainya di lokasi parkir Suwat Waterfall, pengunjung akan disambut dengan pintu gerbang unik berbentuk kura-kura. Namun sebelumnya, pastikan anda membeli tiket terlebih dahulu sebagai syarat utama memasuki objek wisata. Ada perbedaan tiket masuk dari kategori usia. Untuk dewasa diwajibkan membayar 15.000, sedangkan anak-anak 10.000 rupiah.

Pastikan juga membayar biaya parkir jika anda datang membawa kendaraan pribadi. Masih ukup standar untuk retribusi parkir nya, hanya 2.000 bagi yang membawa motor, dan 5.000 untuk mobil. Setelahnya, anda pun harus melakukan perjalanan sekitar 200 meter dengan medan menurun. Objek wisata air terjun ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Suwat Waterfall

Aktivitas Menarik di Suwat Waterfall
Image Credit: Google Maps Firman Maulana

Pernah mengunjungi objek wisata alam berupa air terjun? Jika sudah, maka pastinya anda mengetahui aktivitas seru apa saja yang bisa dilakukan. Khusus untuk Suwat Waterfall, berikut aktivitas yang paling menarik dan mengesankan!

1. Healing Menenangkan Pikiran

Aktivitas pertama yang ocok dilakukan yaitu healing untuk menenangkan pikiran. Air terjun ini memiliki suasana sejuk dan asri yang dapat menghilangkan penat dan beban pikiran sehari-hari. Bagaimana tidak, setiap pandangan yang diarahkan tetap saja mendapatkan warna hijau dari pepohonan. Belum lagi suara gemercik air yang jatuh dari kolam layaknya nyanyian alam.

2. Berenang dan Bermain Air

Siapa pun yang datang mengunjungi Suwat Waterfall pasti rugi jika tidak merasakan kesegaran airnya. Hijau tosca, itulah warna yang terlihat menyegarkan mata. Ketika menceburkan diri, bukan hanya badan yang terasa sejuk, namun juga jiwa secara keseluruhan. Bagi yang kurang pandai berenang, bermain air di pinggir kolam juga menarik, apalagi ada batuan di sekitar sebagai pijakan.

3. Lepaskan Beban dengan Cliff Jumping

Tidak cukup jika hanya berenang saja, anda pun dapat melakukan lompat tebing di air terjun eksotis ini. Terdapat batu besar yang tidak melebihi ketinggian tebing utama. Di sanalah biasanya wisatawan melompat sambil melepaskan beban hidup dengan teriak sekeras-kerasnya. Meski demikian, tetap perhatikan keselamatan karena tidak menutup kemungkinan batu tersebut licin.

Aktivitas Dilakukan di Suwat Waterfall
Image Credit: Google Maps Nyoman Supraptayasa

4. Berakit-rakit ke Tengah Kolam

Tidak ada perahu Suwat Waterfall, namun ada rakit yang bisa dijadikan sebagai alat transportasi tradisional. Rakit ini terbuat dari sejumlah bambu yang diikat, setidaknya ada 10 buah bambu. Anda pun dapat menggunakannya menuju ke tengah kolam sambil mendayung. Adapun dayung yang disediakan juga berasal dari bambu utuh.

5. Semedi di Dalam Gua

Tentunya yang dimaksud bukanlah semedi dalam arti yang sebenarnya. Tetapi duduk santai sambil menikmati keindahan air terjun dari sudut yang berbeda. Jika pada umumnya keindahan air terjun dilihat dari depan, di Suwat Waterfall bisa disaksikan dari belakang. Silahkan berenang atau menggunakan rakit menuju gua tersebut, namun tetap berhati-hati.

6. Berburu Spot Foto

Aktivitas penting yang tidak boleh dilupakan yakni berburu spot foto. Terlebih, objek wisata yang anda kunjungi kali ini benar-benar indah dengan pesona alamnya yang luar biasa. Akan sangat menyesal jika mengunjunginya, namun tidak mengabadikan setiap momen aktivitas yang dilakukan. Sebut saja ketika cliff jumping, berenang, atau pun ketika naik rakit.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Suwat Waterfall
Image Credit: Google Maps Felita Tania

Tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang disediakan pengelola Suwat Waterfall. Tempat parkir dan toilet sudah pasti ada dan bebas digunakan untuk ganti baju, bilas, atau buang air. Tersedia juga penyewaan ban bagi yang ingin santai di kolam, juga warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Silahkan gunakan bangku sebagai tempat duduk untuk menikmati suasana indah dan udara menyejukkan.

Bagi anda yang tertarik berkunjung, ada baiknya jika menentukan waktu di pagi atau sore hari. bukan karena di siang hari terasa panas, namun di kedua waktu tersebut tidak terlalu ramai wisatawan. Jadi anda lebih bebas menikmati pesona indahnya selama di Suwat Waterfall Bali, pun dengan aktivitas apapun yang bisa dilakukan.

Selengkapnya bisa anda lihat di https://www.itrip.id/suwat-waterfall-gianyar

Berikut ini Adalah Link Alternatif Situs Judi Slot Online 2021 Terpercaya Lainnya:

  1. Slot Online
  2. Ceme online 2021
  3. Slot Online Terbaik 2021
  4. Judi Slot Online
  5. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  6. Situs Slot Online
  7. Slot Online
  8. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  9. Situs Judi Slot Online
  10. Slot Online
  11. Slot Judi Online
  12. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  13. Situs Slot Online
  14. Slot Online Terlengkap
  15. Poker Online Terpercaya
  16. Judi Slot Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Poker Online Slot Online Slot Online Ceme Online Agen Slot Online Slot Online ceme Online Slot Online Slot Online Slot Online terbaik Slot Online rsmi Slot Online Slot Online Situs Slot Online Judi resmi Slot Online Gacor