Taman Miniatur Kereta Api, Objek Wisata Edukasi Favorit di Bandung

5 min read

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00–20.00 WIB, Alamat: Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Lembang merupakan destinasi wisata populer yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Salah satu tempat wisata yang populer di Lembang adalah Taman Miniatur Kereta Api yang memiliki luas tanah sekitar 1800 meter. Tempat wisata edukasi ini memiliki perbandingan 1-24 dengan ukuran aslinya.

Taman edukasi tersebut menjadi miniatur kereta api terbesar di Indonesia saat ini dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata menarik ini memiliki banyak sekali miniatur yang bisa dipelajari mulai dari kereta api, alam hingga beberapa bangunan populer.

Tidak hanya miniatur kereta api saja yang menjadi daya tarik di taman wisata Lembang ini, namun udaranya juga sangat segar karena berada di atas ketinggian (dataran tinggi), selain itu wisatawan juga bisa sekaligus berburu foto unik. Berikut adalah review singkat mengenai taman edukasi asal Lambang Kabupaten Bandung tersebut.

Daya Tarik dari Taman Miniatur Kereta Api

Daya Tarik Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Gita V. Paramita

1. Miniatur

Jika berbicara soal daya tarik Taman Miniatur Kereta Api maka miniatur yang dibuat diatas tanah seluas 1800 meter harus dimasukan pada list yang paling pertama. Hal tersebut dikarenakan tujuan utama wisatawan mengunjungi tempat wisata populer ini adalah untuk melihat miniatur yang dibuat sangat mirip dengan versi aslinya.

Terdapat sekitar 10 miniatur kereta api yang akan anda temukan sedang melintas rel melewati berbagai alam dan bangunan. Bangunan-bangunan yang ada di dalam tempat wisata menakjubkan ini juga beragam mulai dari stasiun kereta, kantor, rumah sakit, perumahan warga dan beberapa miniatur bangunan lainnya.

2. Alam

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh tempat wisata edukasi ini adalah alamnya yang sangat nyaman dan segar berkat banyak pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Tidak hanya itu, karena berada di atas ketinggian serta jauh dari kota membuat wisatawan bisa menikmati hawa sejuk serta udara yang sangat segar untuk dihirup.

Setelah puas mengelilingi miniatur kereta api wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati udara sejuk dari alam sekitar. Meskipun bukan wisata alam namun wisatawan masih bisa melihat pemandangan hijaunya pepohonan yang berada tidak jauh dari lokasi yang sekarang sedang dikunjungi.

Daya Tarik Dimiliki Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Arum Wahyuni

3. Wisata Kuliner

Memang Taman Miniatur Kereta Api bukan merupakan tempat wisata kuliner namun didalam lokasi wisata populer ini terdapat beberapa kantin atau warung yang menjual makanan khas daerah sekitar. Maka dari itu wisatawan bisa sekaligus melakukan wisata kuliner ketika menginjakan kakinya di tempat wisata edukasi ini.

4. Tempat Wisata Populer Lainnya

Tidak jauh dari objek wisata edukasi asal Lembang ini terdapat beberapa tempat wisata populer lainnya seperti Sepeda Air, Taman Kelinci, Flying Fox dan beberapa tempat wisata menarik lainnya. Jadi ketika wisatawan sudah puas belajar soal kereta api mereka bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang berada tidak jauh dari lokasi sekarang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Wahyu Wijanarko

Untuk lokasi dari Taman Miniatur Kereta Api berada di belakang Grand Hotel Lembang atau di Floating Market Lembang Jl. Grand Hotel No. 33E Kabupaten Bandung, Lembang, Jawa Barat. Untuk rute perjalanan bisa dimulai dari Alun-Alun Kota Bandung di Jl. Asia Afrika menuju Jl. Banceuy kemudian belok kiri di Jl. Suniaraja.

Setelah itu silahkan belok kanan menuju Jl. Otto Iskandar Dinata lalu belok kanan lagi ke Jl. Stasiun Timur dan belok kiri ke Jl. Perintis Kemerdekaan. Tidak jauh dari belokan sebelumnya anda akan menemukan perempatan Jl. Wastukencana lalu belok kiri dan lurus terus sampai anda menemukan perempatan Jl. Cihampelas.

Dari perempatan Jl. Cihampelas silahkan belok kanan dan lurus terus sampai menemukan bundaran kemudian ambil jalur keluar pertama menuju Jl. DR. Abdul Rivai lalu belok kanan di perempatan Jl. DR. Gunawan. Dari Jl. DR. Gunawan silahkan terus lurus sampai anda memasuki Jl. DR. Otten lalu belok kanan di perempatan Jl. DR. Ehrlich.

Terus di Jl. DR. Ehrlich sampai mentok lalu belok kiri menuju RSUP. Dr. Hasan Sadikin Bandung kemudian belok kanan di Jl. Pasir Kaliki dan terus lurus sampai memasuki Jl. Sukajadi lalu masuk lagi ke Jl. Dr. Setiabudi. Dari Jl. Dr. Setiabudi ini silahkan lurus terus sampai anda menemukan pertigaan Jl. Peneropongan Bintan kemudian belok kanan.

Terus ikut Jl. Peneropongan Bintang sampai menemukan perlimaan lalu belok kiri menuju Jl. Baruajak kemudian memasuki Jl. Grand Hotel dan lokasi wisata edukasi yang anda tuju berada disebelah kanan jalan. Perjalanan tersebut memiliki panjang sekitar 16,2 KM dengan lama perjalanan menggunakan kendaraan pribadi sekitar 58 menit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Dedi Eko

Taman Miniatur Kereta Api memiliki 2 tiket masuk yaitu tiket masuk Floating Market Lembang sebesar Rp 15.000 per orang kemudian harga tiket masuk taman miniaturnya adalah Rp 25.000 per orang. Perlu diketahui jika anda ingin mengunjungi wisata edukasi ini sebaiknya datang di weekday karena weekend dan hari libur akan sangat ramai.

Objek wisata populer ini buka setiap hari dengan ketentuan dari hari Senin – Kamis buka dari pukul 09.00 – 17.00 WIB, kemudian hari Jumat – Sabtu buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB, sedangkan untuk hari Minggu dan hari libur buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Silahkan sesuaikan dengan waktu anda jika ingin berlibur ke tempat wisata hits asal Lembang ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Miniatur Kereta Api

Aktivitas di Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Riza Azmi

1. Belajar Soal Kereta Api dan Bangunan Lainnya

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di destinasi wisata populer ini adalah belajar mengenai kereta api. Hal tersebut dikarenakan terdapat sekitar 10 miniatur kereta api berbagai jenis yang dibuat sangat mirip dengan aslinya, tidak hanya kereta api saja tapi ada rel serta stasiun juga yang bisa anda pelajari.

Tidak hanya miniatur seputar kereta api saja yang bisa dipelajari oleh wisatawan ketika menginjakan kaki di tempat wisata edukasi yang memiliki luas mencapai 1800 meter ini, namun terdapat miniatur alam serta beberapa miniatur bangunan menarik lainnya. Maka dari itu tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak agar bisa belajar.

2. Berfoto

Sangat disayangkan jika wisatawan yang mengunjungi Taman Miniatur Kereta Api tidak menyempatkan diri untuk berfoto. Pasalnya ada banyak sekali miniatur yang bisa difoto atau digunakan sebagai background foto. Maka dari itu, ketika memasuki tempat wisata unik ini anda akan melihat banyak sekali wisatawan lain yang sibuk berpose didepan kamera.

Tidak hanya berfoto saja namun anda juga bisa merekam beberapa video yang bisa diedit menjadi satu video unik. Pasalnya semua miniatur di tempat ini sangat mirip dengan versi aslinya sehingga mengambil foto atau video dari sudut manapun, miniatur tersebut tetap akan terlihat seperti asli.

3. Bersantai Menikmati Alam

Sebelumnya sudah sempat disebutkan bahwa Lembang berada cukup jauh dari kota dan memiliki alam yang masih kaya akan pepohonan hijau serta berada di dataran yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat udara di sekitar lokasi Taman Miniatur Kereta Api ini menjadi sangat segar untuk dirasakan dan dihirup.

Maka dari itu, tidak heran jika anda akan melihat beberapa wisatawan yang bersantai di beberapa titik dalam tempat wisata miniatur ini. Karena memang mereka sedang menikmati udara yang sangat segar tersebut sambil menyaksikan indahnya miniatur dari kejauhan. Bahkan ada juga yang sengaja mendatangi objek wisata hits ini untuk melepaskan stres.

Aktivitas Menarik di Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Gogle Maps achmad sayuti

4. Menikmati Wisata Kuliner

Setelah membaca semua review sebelumnya memang anda tidak akan setuju jika objek wisata asal Kabupaten Bandung ini disebut sebagai tempat wisata kuliner. Memang hal tersebut benar adanya, tetapi di sekitar tempat wisata edukasi ini anda akan menemukan beberapa warung yang menjual berbagai masakan khas daerah sekitar.

Warung-warung tersebutlah yang menjadikan taman miniatur ini menjadi tempat yang cukup bagus untuk menikmati wisata kuliner. Oleh karena itu bagi anda yang akan menginjakan kaki di tempat wisata populer tersebut sebaiknya mampir juga ke warung-warung sekitarnya untuk merasakan masakan khas Kabupaten Bandung.

5. Menikmati Objek Wisata Lainnya Dekat Taman

Kegiatan terakhir yang bisa anda lakukan adalah mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya yang berada tidak jauh dari lokasi Taman Miniatur Kereta Api. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bawalah lokasi dari taman ini berada di dalam Floating Market Lembang yang selain memiliki taman miniatur masih ada beberapa objek wisata lainnya.

Sebut saja seperti Paddle Boat, Taman Kelinci, Sepeda Air, Flying Fox, dan beberapa tempat wisata lainnya. Maka dari itu jika anda sudah puas belajar dan ingin melihat objek wisata lainnya maka anda hanya perlu berjalan kaki saja ke objek wisata lainnya yang berada di sekitar taman miniatur tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Miniatur Kereta Api
Image Credit: Google Maps Arum Wahyuni

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang akan anda temukan ketika mengunjungi Taman Miniatur Kereta Api adalah area parkir kendaraan. Area parkir kendaraan tersebut cukup luas dan bisa menampung berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, hingga bus pariwisata.

2. Toilet Umum

Ketika memasuki area wisata anda juga akan menemukan toilet umum yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk buang air besar atau air kecil. Toilet tersebut dibedakan untuk toilet pria dan wanita agar menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu ada juga Cleaning Service yang akan selalu membersihkan toilet sehingga masalah kebersihan selalu terjaga.

3. Musholla

Fasilitas terakhir yang bisa digunakan oleh wisatawan adalah Musholla atau tempat beribadah umat Muslim. Bagi anda yang ingin berlibur namun tidak mau melewati waktu beribadah atau sholat tidak perlu khawatir, karena di tempat wisata asal Lembang ini memiliki Musholla yang bisa digunakan untuk beribadah dengan aman dan nyaman.

Itulah beberapa hal menarik mengenai Taman Miniatur Kereta Api yang berlokasi di Lembang, Kabupaten Bandung. Tempat wisata edukasi ini akan sangat ramai karena berada di dalam area Floating Market lembang yang juga memiliki objek wisata lain selain taman miniatur tersebut.

Selengkapnya bisa anda lihat di https://www.itrip.id/taman-miniatur-kereta-api

Berikut ini Adalah Link Alternatif Situs Judi Slot Online 2021 Terpercaya Lainnya:

  1. Slot Online
  2. Ceme online 2021
  3. Slot Online Terbaik 2021
  4. Judi Slot Online
  5. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  6. Situs Slot Online
  7. Slot Online
  8. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  9. Situs Judi Slot Online
  10. Slot Online
  11. Slot Judi Online
  12. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  13. Situs Slot Online
  14. Slot Online Terlengkap
  15. Poker Online Terpercaya
  16. Judi Slot Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Poker Online Slot Online Slot Online Ceme Online Agen Slot Online Slot Online ceme Online Slot Online Slot Online Slot Online terbaik Slot Online rsmi Slot Online Slot Online Situs Slot Online Judi resmi Slot Online Gacor