Tebing Keraton, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Bandung

5 min read

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Selain dijuluki sebagai Kota Kembang, Bandung juga memiliki banyak perbukitan dengan pemandangan alam eksotis yang cocok dijadikan sebagai objek wisata. Sebut saja yang baru-baru ini hits di berbagai media sosial, yaitu Tebing Keraton. Bukan tanpa alasan kenapa tebing yang satu ini cepat populer dikalangan pelancong, terutama pendaki. Bentangan alam luas yang memperlihatkan pemandangan kota Bandung secara menyeluruh adalah salah satu alasannya.

Ketinggiannya berada di 1200 mdpl dengan formasi hutan pinus yang berjajar dan berdiri gagah. Adanya hutan tersebut tidak lain karena memang lokasinya masih di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Keindahan alam yang disajikan nan spektakuler tidak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan karena alasan tersebut, salah satu tebing yang satu ini mampu menggeser kepopuleran tebing lainnya, seperti Bukit Moko, Puncak Bintang dan Kawah Putih.

Daya Tarik yang Dimiliki Tebing Keraton

Daya Tarik Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps cep budhi darma

Setiap objek wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri, baik itu berupa pepohonan, sejarah, bentangan alam dan lainnya. Supaya anda tidak penasaran, berikut kami ulas beberapa daya tarik Tebing Keraton. Inilah yang menjadikan alasan kenapa banyak wisatawan maupun pecinta alam menempatkannya kedalam daftar wajib spot wisata yang harus dikunjungi.

1. Mempunyai Sunrise Menakjubkan

Jika anda mengira bahwa tebing yang juga dijuluki sebagai Tebing Mainstream ini hanya menyajikan keindahan alam berupa pegunungan dan pepohonan, maaf karena anda salah besar. Memang anda bisa melihat matahari terbit dari atas bukit mana pun, namun tidak akan memiliki latar belakang berupa gunung Guntur yang menghiasi.

Keindahan semakin tercipta jika terdapat kabut yang datang tanpa diundang. Sinar matahari berusaha menembus balutan asap putih tersebut, yang kemudian datang untuk menghangatkan suasana. Supaya bisa menikmati panorama alam tersebut, anda harus datang awal, setidaknya pukul 5 sudah hadir di lokasi untuk mendapatkan sensasi bukit diatas awan tersebut.

2. Keindahan Matahari Tenggelam

Bukan hanya matahari terbit yang bisa anda nikmati ketika berada di puncak tebing, melainkan juga matahari tenggelam. Posisi tebing yang lebih tinggi dari pepohonan menjadikan pandangan tiada batas. Artinya tidak ada apapun yang menghalangi pandangan anda ketika melihat sunset.

Ketika cahaya hampir redup sepenuhnya, hiasan lampu dari penduduk setempat seolah melanjutkan sensasi cahaya matahari tersebut. Jadi boleh dikatakan bahwa keindahan alam yang disajikan tiada matinya.

3. Panorama Alam Hutan

Setiap tebing atau bukit tentunya mempunyai daya tarik berupa panorama alam yang menyelimuti lokasi. Dalam hal ini, Tebing Keraton mempunyai panorama hutan pinus yang berdiri tegak dan berbaris rapi. Bukan tidak mungkin hutan pinus tersebut tampak seperti pematang rumput hijau jika dilihat dari kejauhan.

Daya Tarik Dimiliki Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps Taufik Firmansyah

4. Tempat Singgah Migrasi Burung

Sebagian pengunjung yang pernah datang ke lokasi mungkin tidak percaya dengan adanya fakta ini. Memang wajar, karena namanya singgah pasti hanya sebentar. Apalagi saat migrasi, tentunya tidak setiap hari atau setiap bulan bisa dilakukan.

Fakta ini bisa anda tanyakan langsung ke beberapa pengamat burung atau pecinta alam yang sering berada di lokasi. Jenis burung yang biasa singgah yaitu alap-alap, burung Elang dan burung Siberia. Tempat singgah nya berada di hutan, jauh dari lokasi Tebing Keraton. Oleh sebab itu, anda membutuhkan alat bantu penglihatan berupa binocular.

Mungkin suatu saat anda bisa membuktikan kebenarannya jika sedang beruntung. Coba saja datang antara bulan Agustus dan September, karena bulan tersebut merupakan pergantian cuaca, dimana burung-burung sedang melalukan migrasi.

5. Daya Tarik Ketinggian

Daya tarik lainnya yaitu dari ketinggian yang mencapai 1200 mdpl, seperti yang sempat kami singgung diatas. Berbeda dengan tebing atau bukit lain yang mengharuskan anda naik dengan berjalan kaki. Di sini anda bisa langsung menuju spot jika menggunakan kendaraan roda dua. Sebaiknya tetap berhati-hati karena jalannya tidak rata dan banyak tanjakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps cep budhi darma

Saatnya kita bahas alamat lengkapnya, yaitu di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat. Tidak sulit menemukan alamat tersebut jika menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa parkir di Dago Pakar, kemudian langsung melakukan pendakian selama kurang lebih 10 menit.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum atau bus, pastikan anda berada di titik terminal Leuwipanjang. Lanjutkan perjalanan dengan menaiki bus jurusan Leuwipanjang – Dago. Di persimpangan Dago, silahkan turun dan naik angkot yang akan membawa ke Desa Ciburial.

Menariknya, ada pangkalan ojek yang siap mengantarkan hingga ke tebing. Sangat bermanfaat bagi anda yang datang dengan roda empat atau angkutan umum. Biayanya lumayan, sekitar 30.000 rupiah untuk layanan antar. Sedangkan tarif bolak-balik dikenakan 50.000 rupiah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Tebing Kraton
Image Credit: Google Maps cep budhi darma

Pelancong atau wisatawan yang datang ke lokasi dikenakan tiket masuk sebesar 15.000 rupiah. Tidak bisa dikatakan mahal, justru lebih mahal pengalaman dan sensasi yang anda dapatkan nantinya.

Adapun jam operasionalnya yaitu setiap hari dengan batasan pukul 08.00 – 15.00 WIB. Bagi peserta camping bisa minta izin terlebih dahulu, karena dipastikan menginap dan tidak kembali pada jam tutup tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Tebing Keraton

Aktivitas di Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps Haris Irnawan

Aktivitas dan kegiatan yang bisa dilakukan di Tebing Keraton bisa dikatakan sama saja dengan tebing lainnya. Namun ada sedikit perbedaan dari fasilitas transportasi atau arena adu ketangkasan. Lebih lengkapnya sudah kami rangkum dibawa ini!

1. Berkemah

Adanya fasilitas atau area Camping Gronud bisa anda jadikan sebagai aktivitas perkemahan. Usahakan membawa peralatan dari rumah, karena biaya sewa perlengkapan di sana cukup mahal, yaitu sekitar 140.000 rupiah. Pastikan juga sudah mendapat izin dari pihak pengelola dengan membayar tiket 40.000 untuk satu malam.

Adanya Camping Ground tersebut tentu membawa kabar gembira. Pasalnya, sebelum adanya fasilitas tersebut, wisatawan harus rela menghabiskan malam ketika menunggu matahari terbit dengan menginap di rumah warga.

2. Jelajah Alam

Berikutnya, anda bisa menjelajah alam sambil menikmati udara segar. Tracking dari tempat parkir hingga ke lokasi cukup lumayan. Sebelumnya sudah disebutkan sekitar 10 menit. Memang dekat, namun jalannya menanjak dan tidak bersahabat.

Bukan itu yang utama, melainkan pemandangan hijau yang membentang luas di sekitar tebing. Sesekali anda bisa berhenti sejenak untuk mengambil gambar. Terdapat batu di sepanjang jalan yang bisa anda jadikan spot liar unik dan menarik.

3. Tantangan Bersepeda

Bersepeda dijalan raya sudah barang tentu mudah dan biasa dilakukan. Bagaimana dengan bersepeda dia alam bebas berupa tebing, dimana kontur tanah pastinya tidak merata? Aktivitas ini sangat menarik dan bisa memacu adrenalin. Dibutuhkan keberanian dan driver andal dalam melakukannya.

Anda bisa menyewa sepeda di tempat penyewaan yang sudah disediakan yang berada dia area parkir. Artinya, aktivitas bersepeda tersebut dilakukan ketika menuju tebing. Jalur yang dilalui tidak mudah, anda harus sesekali menggotong sepeda jika jalanan tidak mungkin dilewati. Justru inilah yang menjadikan aktivitas semakin seru dan menantang.

4. Bermeditasi

Bukan bermeditasi seperti halnya di film, namun hanya sekadar duduk diam dan tenang untuk menyegarkan pikiran. Anda bisa melakukan aktivitas yang satu ini di bangunan khusus yang terbuat dari alas kayu. Tidak perlu takut jatuh, karena disebelah nya terdapat pembatas berupa pagar besi.

Aktivitas Menarik di Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps Muhammad Yana Mulyana

5. Menikmati Pemandangan Hutan

Tidak bisa di pungkiri bawah salah satu aktivitas yang menyenangkan yaitu dapat menikmati pemandangan alam sekitar. Bahkan bisa jadi karena itulah alasan wisatawan datang ke Tebing Keraton.

Hamparan hutan rindang nan hijau menghiasi hampir setiap sudut pandang. Jenis pohon kebanyakan pinus, namun ada beberapa jenis pohon lain yang turut serta menghiasi. Selama apapun anda memandang, dipastikan tidak akan bosan, bahkan bisa jadi malas berkedip.

6. Menikmati Suasana Alam Berbalut Kabut

Aktivitas menarik berikutnya yaitu menikmati keindahan alam berbalut kabut. Biasanya datang di pagi hari hingga menjelang siang. Tidak menutup kemungkinan juga di sore hari anda bisa melihatnya jika cuaca mendukung.

Ada kabut tebal dan juga tipis, tergantung dari tekanan udara dan kecepatan angin saat itu. Fenomena yang satu ini menjadi favorit wisatawan lokal maupun asing. Anda bisa memanfaatkannya sebagai background foto yang bisa dibagikan di media sosial.

7. Melihat Matahari Terbit dan Terbenam

Anda bisa melakukan aktivitas yang menjadi daya tarik utama dari Tebing Keraton, yaitu melihat matahari terbit dan juga ketika tenggelam. Kami sudah membahasnya diatas, sehingga tidak mengulanginya lagi di bab ini.

Hanya sedikit tambahan dan juga tips, bagi anda yang ingin mengambil objek foto dengan panorama alam tersebut, sebaiknya berkunjung di hari aktif. Alasannya tidak lain untuk mengurangi kebisingan dikarenakan banyaknya pengunjung. Tentunya anda tidak ingin hasil foto kurang menarik hanya karena ada latar belakang yang tidak diinginkan bukan?

8. Fotografi

Alasan kenapa Tebing Keraton juga dijuluki Tebing Instagram oleh pegiat media sosial yaitu karena banyaknya spot cantik yang bisa digunakan untuk story atau posting di media sosial Instagram. Contohnya tidak perlu jauh-jauh, aktivitas melihat matahari terbit dan tenggelam diatas juga cocok dijadikan spot yang instagramable.

Spot lain yaitu bebatuan yang ada di sepanjang jalur perjalanan. Anda bisa berdiri ataupun duduk di atasnya sambil mengambil gambar. Pastikan bahwa background yang diambil sudah pas, yaitu pemandangan lam di bawahnya.

Di kanan dan kiri tebing, dimana terdapat pembatas besi juga bisa digunakan sebagai aktivitas fotografi. Didepan jalur lintasan yang anda lalui, terdapat pemandangan gunung yang berdiri kokoh. And bisa mengambil sudut tersebut untuk dijadikan spot dengan hasil foto menakjubkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Tebing Kraton
Image Credit: Google Maps cep budhi darma

Apakah fasilitas yang ada di Tebing Bandung tersebut bisa dikatakan lengkap? Untuk sekelas objek wisata berupa perbukitan, Tebing tersebut mempunyai fasilitas yang bisa dikatakan cukup lengkap. Selain tempat parkir yang lumayan luas, anda juga berhak menggunakan fasilitas toilet, dan juga mushola.

Di beberapa titik juga teradapat Gazebo yang bisa dijadikan tempat istirahat sementara. Lebih tepatnya berada di lokasi camping atau perkemahan. Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan, karena sudah termasuk fasilitas Camping Ground.

Selain semua diatas, terdapat juga warung makan dan tempat penginapan. Warung dan penginapan tersebut biasanya berupa rumah warga. Jadi bisa anda jadikan alternatif jika tidak ingin bercengkerama dengan alam bebas di malam hari.

Sebagai penutup, kami berikan tips ringan yang bisa anda ikuti. Sebaiknya gunakan kendaraan sendiri berupa sepeda motor, karena anda bisa langsung menuju lokasi wisata Tebing Keraton. Siapkan kamera terbaik, baik dari ponsel maupun kamera DSLR. Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan diri maupun rombongan.

Selengkapnya bisa anda lihat di https://www.itrip.id/tebing-keraton-bandung

Berikut ini Adalah Link Alternatif Situs Judi Slot Online 2021 Terpercaya Lainnya:

  1. Slot Online
  2. Ceme online 2021
  3. Slot Online
  4. Slot Online Terbaik 2021
  5. Judi Slot Online
  6. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  7. Situs Slot Online
  8. Slot Online
  9. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  10. Situs Judi Slot Online
  11. Slot Online
  12. Slot Judi Online
  13. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  14. Situs Slot Online
  15. Slot Online Terlengkap
  16. Poker Online Terpercaya
  17. Judi Slot Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Slot Online Poker Online Slot Online Slot Online Ceme Online Agen Slot Online Slot Online